Cara Mengubah port SSH via Putty

No comment 1085 views
banner 468x60

Cara Mengubah port SSH via Putty dimaksudkan untuk Anda yang mempunyai VPS linux untuk mengamankan VPS Anda dari serangan yang tidak diinginkan sehingga Anda diharuskan untuk mengganti Port VPS secara default biasanya port 22. Nah, saat ini Anda coba untuk menggunakan port selain 22 bisa saja digitnya lebih dari dua digit misal 1945 dan lain sebagainya.

Virtual Private Server mempunyai beberapa port namun yang paling standar dan paling pertama digunakan adalah port ssh dengan number 22. Belum tahukan tentang Secure Shell (SSH) silakan baca dulu disini: SSH

Nah, jika sudah paham apa itu SSH dan port SSH mari kita mulai saja untuk eksekusi penggantian port SSH dari 22 ke port SSH selanjutnya manasuka yang kita inginkan.

Dalam kasus ini penulis menggunakan port SSH 22 dan mau diganti ke 1945 dengan operating system distro linux centos. Langkah pertama silakan login ke SSH via putty. Apabila belum paham bagaimana login di SSH via putty silakan baca dulu disini ya: Cara Install & Setting Webuzo disana kami sertakan bagaimana cara login pertama di putty sehingga Anda menjadi lebih mudah lagi untuk setting selanjutnya.

Oke masuk saja kita ke langkah demi langkah supaya cepat selesai ya hehe tutorialnya.

  1. Masuk ke putty, silakan ikuti pembahasan di atas
  2. Login ke VPS dengan username root dan password yang didapat dari reseller VPS kitalogin putty vps linux pulsel
  3. Anggap Anda mempunyai VPS dengan OS centos atau ubuntu ya, jika centos silakan gunakan mandatory yum jika ubuntu atau debian gunakanlah apt-get
  4. sip, lanjut kita install dulu editor dan saat ini kita gunakan editor perintah yang mudah selalu digunakan sejuta umat yaitu editor nano ketik yum install nano (centos) apt-get install nano (ubuntu/debian)
  5. setelah selesai terinstall silakan eksekusi perintah berikut ini: nano /etc/ssh/sshd_config (centos) atau nano /etc/ssh/ssh.config (debian/ubuntu)
  6. Silakan ubah port 22 dengan 1945 atau yang Anda suka dan klik CTRL+X dan jawab Y
  7. Selesai cuma begitu saja

Demikian cara mengubah port SSH dengan mudah dan cepat via console putty di VPS Linux Anda. Tanpa harus pusinga tau mikir lama lagi dengan tutorial kami docs pulsel cepat selesai dan Anda pun akan paham. Baikalah semoga bermanfaat dan sukses, terimakash banyak.

Related Search

    Email Autoresponder indonesia
    author
    Author: 

    Pulsel Net merupakan layanan web hosting dan VPS dengan beberapa layanan lainnya yang siap melayani para pelaku bisnis online untuk mengembangkan usahanya. Pengembangan Usaha online kami dukung dengan jasa pembuatan website toko online dan perusahaan dengan harga murah dan prosesnya mudah menguntungkan untuk Anda. Hub 085711111550 BBM 7F97518E Email info@pulsel.com

    Leave a reply "Cara Mengubah port SSH via Putty"